ya Allah ya Rahman ya Rahim ya Malik ya Mujibasailin

Selasa, 29 Januari 2013

PENGISIAN TANGKI (TANDON) AIR OTOMATIS MENGGUNAKAN ATMEGA8535

Beberapa bulan yang lalu saya telah membuat aplikasi pengisian tangki air otomatis menggunakan mikrokontroler. Mungkin aplikasi ini sangat sederhana dan terbilang cukup mahal jika menggunakan mikrokontroler, dikarenakan dipasaran sudah banyak yang menjual sensor level air menggunakan bandul dan sudah mempunyai output untuk relay. Tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya menggunakan mikrokontroler, anggap saja sebagai latihan.
Pada aplikasi ini saya menggunakan prinsip penekanan push button sebagai cara untuk mendeteksi level air (sensor level air). Terdapat 2 buah sensor level air yaitu MAX dan MIN, sedangkan GND digunakan untuk mendeteksi sensor mana yang sedang terbaca. Cara kerjanya jika air berada dibawah sensor MIN maka sensor MIN (PC3) akan belogika high. Kemudian jika air berada diatas sensor MIN maka sensor MIN (PC3) akan berlogika low (terhubung ke GND karena terkena air). Begitu juga untuk sensor MAX (PC2), jika air sudah penuh (menyentuh sensor MAX) maka yang awalnya sensor MAX (PC2) berlogika high akan berubah menjadi low.
Dengan kata lain jika tangki air sedang kosong maka sensor MIN dan MAX akan berlogika high dan jika air sudah penuh sensor MIN dan sensor MAX akan berlogika low.
Kemudian terdapat duah buah saklar yaitu saklar MODE dan POMPA. Saklar MODE digunakan untuk pemilihan mode yaitu otomatis dan manual. Jika mode otomatis maka motor pompa akan bekerja (mengisi) jika tangki air sedang kosong (dibawah sensor MIN), dan akan berhenti mengisi ketika terdeteksi sensor MAX (penuh). Untuk mode manual motor pompa dapat dinyalakan secara manual menggunakan saklar POMPA, jika dinyalakan motor pompa tersebut dan air sudah penuh, maka saya buat motor pompa tersebut mati dengan sendirinya. Dan terdapat beberapa LED yang digunakan sebagai indikator untuk masing-masing parameter.




 
Sumber: http://elektro-kontrol.blogspot.com/2011/06/jam-digital-menggunakan-rtc-ds1307.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar